PENGARUH KARAKTERISTIK SENSE OF HUMOR DALAM PEMBERIAN HEALTH EDUCATION TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DIARE SISWA MI MIFTAHUL HUDA POJOK

  • NURHIDAYAH - STIKes Ganesha Husada
Abstract views: 64 , PDF downloads: 17
- PLAGIARISM CHECK downloads: 17

Abstract

 

Dalam proses belajar mengajar ada beberapa metode di terapkan dan di modifikasi untuk merealisaikan pencapaian tujuan. Metode belajar yang sepontan dapat mempengaruhi pengetahuan. Sense of humor merupakan modifikasi dari metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh karakteristik sense of humor dalam pemberian healt education terhadap tingkat pengetahuan siswa.

Desain yang digunakan adalah quasy eksperimen dengan pendekatan purposive sampling. Populasinya adalah siswa MI Miftahul Huda Pojok kelas V dan VI  Kec. Ngantru Kab. Tulungagung sebanyak 11 responden. Variabel independent sense of humor. Variabel dependent tingkat pengetahuan data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisa menggunakan uji T – test 2 sample  berpasangan kemaknaan a <0,05.

Hasil tingkat Pengetahuan pre test sebagian besar pengetahuan cukup (54,5% ) atau 6 dari 11 responden. Tingkat pengetahuan setelah diberi pendidikan kesehatan dengan pemberian perlakuan Sense Of Humor seluruhnya baik (100% ) atau 11 dari 11 responden. Berdasarkan ( uji T- test 2 sample berpasangan , p value 0,02<0,05).

Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh karakteristik sense of humor dalam pemberian health education terhadap tingkat pengetahuan siswa MI Miftahul Huda Pojok. Disarankan kepada tenaga pengajar untuk menggunakan metode mengajar menggunakan sense of humor.

 

 

Kata Kunci : Sense Of Humor, Health Education, Pengetahuan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmansyah. Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010), h. 78.

Handini, H. “Pengaruh Sense Of Humor Terhadap Kualitas Hidup Pada Lansia Pensiunan Di Kota Malang”, Jurnal Program Studi Psikologi, (Malang: Universitas Brawijaya Malang), h. 6-7.

Hartanti. 2008. Apakah Selera Humor Menurunkan Stres? Sebuah Meta-analisis, (Anima Indonesian Psychological Journal, Vol. 24, No. 1), h. 38-55.

Ibrahim, B. 2008. Peningkatan Profesional Guru SD (Jakarta: Bumi Aksara), h. 106

Partin. 2012. Penggunaan humor didalam kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara 2012..

Rudiana. 2012. Genius Teaching 9 Karakter Guru Menyenangkan Berbasis Ramah Otak. (Bandung : CV. Smile’s Indonesia Institute), h. 126.

Robert D. W. “The Effect of Humor on Cognitive Learning in a Computer Based Environment”,dikutip Sihaloho, 2017. Pengaruh Lingkungan Belajar Sense Of Humor Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan Siswa Kelas Xi Smk Negri 1 Sidikalang.

Sardiman. 2011. Interaksi Motivasi dan Belajar Mengajar, Raja Grafindo Persada. (Jakarta), h 57.

Sutrisno, S. 2013. “Hubungan Antara Persepsi Terhadap Sense Of Humor Guru Dengan Motivasi Belajar”, Skripsi Sarjana Psikologi, (Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya), h. 22.

Sihaloho, F. A.2017. Pengaruh Lingkungan Belajar Sense Of Humor Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan Siswa Kelas Xi Smk Negri 1 Sidikalang. Skripsi Program Sarjana Pendidikan Universitas Negri Medan

Published
2020-02-02
How to Cite
-, N. (2020). PENGARUH KARAKTERISTIK SENSE OF HUMOR DALAM PEMBERIAN HEALTH EDUCATION TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DIARE SISWA MI MIFTAHUL HUDA POJOK. JuKe (Jurnal Kesehatan), 3(1). Retrieved from https://jurnal.stikesganeshahusada.ac.id/index.php/juke/article/view/130
Section
Research