HUBUNGAN PRAKTIK LABORARORIUM MATERNITAS ANC DENGAN KESIAPAN PRAKTIK KE RUMAH SAKIT PADA MAHASISWA PRODI S1 KEPERAWATAN TINGKAT IV DI STIKES GANESHA HUSADA KEDIRI

  • Agus Priyanto
  • Agustin Widyowati
Abstract views: 4 , PDF downloads: 2
PLAGIARISM CHECK downloads: 2
Keywords: Praktik Laboratorium, Kesiapan Praktik, Mahasiswa

Abstract

Model mengajar menggunakan PKP (Pendekatan Ketrampilan Proses) merupakan metode belajar praktik untuk merangsang siswa menganalisis masalah. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan praktik laboratorium maternitas ANC terhadap kesiapan praktik ke rumah sakit pada mahasiswa S1 Keperawatan tingkat IV di Stikes Ganesha Husada Kediri.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasi analitik, dengan pendekatan cross sectional. Populasi 19 responden sampel 19 responden teknik sampling yang digunakan total sampling. Uji statistik penelitian ini Spearman Rank.

Hasil penelitian praktik laboratorium mahasiswa sebagian besar mendapatkan nilai baik (57,9%) yaitu 8 responden sedangkan sebagian besar memiliki kesiapan praktik baik (68,4%) yaitu 13 responden. Setelah diuji Spearman rank, didapatkan p value sebesar 0,011, karena ρ-value <0,05 maka H0 ditolak, dan H1 diterima, yang artinya ada hubungan praktik lab maternitas ANC dengan kesiapan praktik rumah sakit pada mahasiswa prodi S1 Keperawatan tingkat IV di Stikes Ganesa Husada Kediri. Nilai r sebesar 0,567 menunjukkan hubungannya mempunyai korelasi tingkat sedang, dengan arah positif, artinya semakin tinggi nilai praktik laboratorium maternitas ANC maka kesiapan praktik ke rumah sakit juga meningkat.

Diharapkan praktik laboratorium dapat memberikan motivasi dan meningkatkan belajar sehingga dapat meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menjalankan praktik klinik. Saran penelitian ini mahasiswa hendaknya tetap belajar sehingga kesiapan ke rumah sakit semakin meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A dkk. (2014). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Amperiana, S. (2010). Pengaruh motivasi, prestasi dan konsep diri terhadap kesiapan praktik klinik kebidanan bagi mahaasiswa tingkat II akademi kebidanan Pamenang Pare. thesis: universitas sebelas maret, 1-92

Anwar. (2009).Motivasi Dalam Bisnis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Budiarto (2014). Statistika Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: EGC

Bungin, B. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PRENADA MEDIA

Didik. (2008). Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar. www. delecio.org.HTML. diakses 4 januari 2012).

Dimyati. (2012). Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Nurhadi. (2014).Promosi Kesehatan Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Hasan, I. (2014). Analisa Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Hidayat,A.A.A (2015). Metode Penelitian Kebidanan dan Analisa Data Jakarta: Salemba Medika

Humalik. (2011). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Mudjiman, H. (2011). Belajar Mandiri. Sarakarta: LPP UNS

Nurhadi (2014). Promosi Kesehatan Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Nursalam. (2011). Konsep dan penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Notoatmodjo, S. (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

. (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pidarta Made (2010) Cara Belajar Mengajar di Universitas Negara Maju.Suatu Studi Kasus. Jakarta: Bumi Aksara,

Sudarso. (2017). Membuat Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Dengan Penjelasan Dasar Metodologi Penelitian Dan Desain Penelitian Kesehatan. Surabaya: DUA TUJUH

Sagala. (2014). Konsep, Motivasi Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

(2017). Konsep, Motivasi Dan Makna Pembelajaran edisi 2. Bandung: Alfabeta

Slameto, (2015) Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono, (2015). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
(2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Verry Octavianto (2008). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar. Jombang: STIKes Husada Jombang

Zainuddin ,M., (2011). Praktikum,Buku Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdiknas
Published
2019-12-20
How to Cite
Priyanto, A., & Widyowati, A. (2019). HUBUNGAN PRAKTIK LABORARORIUM MATERNITAS ANC DENGAN KESIAPAN PRAKTIK KE RUMAH SAKIT PADA MAHASISWA PRODI S1 KEPERAWATAN TINGKAT IV DI STIKES GANESHA HUSADA KEDIRI. JuKe (Jurnal Kesehatan), 3(2), 36-41. Retrieved from https://jurnal.stikesganeshahusada.ac.id/index.php/juke/article/view/170
Section
Articles