EFEKTIFITAS TITIK ACCUPRESURE Li4 TERHADAP PENURUNAN NYERI DYSMENORRHOE PADA REMAJA PUTRI

  • NEVY NORMA RENITYAS STIKes Patria Husada Blitar
Abstract views: 372 , PDF downloads: 1181

Abstract

Dismenore adalah nyeri perut bagian bawah yang terkadang ada rasa sakit meluas ke pinggang, punggung bawah dan paha (Paramita, 2010). Nyeri biasanya terjadi 24-48 jam sebelum menstruasi dan mereda setelah timbul menstruasi. Nyeri bersifat konstan, biasanya pada pelvis atau punggung bawah (sakrum) dan dapat menyebar keselangkangan atau tungkai bawah (Benson & Pernoll, 2009). Dismenore juga kerap disertai dengan mual, muntah, sakit kepala, pingsan dan nyeri tungkai. Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan persentase kejadian dismenore sekitar 60%, Swedia 72%, dan 58%. Penelitian di Malaysia dari Amerika Serikat mengatakan bahwa Dismenore mengalami 30-50% wanita berusia reproduktif dan 10-15% di antaranya kehilangan pekerjaan mengganggu pembelajaran di sekolah dan kehidupan keluarga (Paramita, 2010). Dysmenorrhea adalah masalah di bidang ginekologi yang banyak menyerang wanita muda, tapi dismenore sering terjadi primer. Dismenore primer sering terjadi pada remaja, persentasenya 40-50%. Pengobatan Dysmenorrhoe ada yang farmokologis dan non farmakologis, salah satunya adalah acupreesure. Acupressure adalah penekanan pada titik acupunktur, yang menggunakan tangan atau media lain (Pijat dan totok Jari, B.U Hadikusumo, 2008).

Penelitian ini diadakan tanggal 21-23 Agustus 2017 dengan tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas titik accupresure li4 terhadap penurunan nyeri dysmenorrhoe pada remaja putri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan rancangan penelitian pre test dan post test Design. Rancangan ini bertujuan untuk membandingkan hasil sebelum dan sesudah diberi perlakuan acupressure.  Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 22 sampel. Variabel dependent Titik Accupresure Li 4, Variabel Independet Penurunan Nyeri Dysmenorrhoe pada remaja Putri. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 22 sampel. Pengukuran skala nyeri dengan menggunakan VAS (Visual Analog Scale).

Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat efektifitas titik accupresure li4 terhadap penurunan nyeri dysmenorrhoe pada remaja putri dengan nilai Sig (2-tailed) 0,000. Serta, dapat dilihat pada table 3 ada perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan acupressure di titik Li 4, pada remaja putri dengan dysmenorhoe dengan nilai perbedaan 1,3.

 

Kata Kunci : Titik Accupresure Li 4, Penurunan nyeri dysmenorhoe, Remaja Putri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benson, R. C., & Pernoll, L. M. (2009). Buku saku obstetri dan ginekologi. (Ed. 9). Jakarta: EGC

Bobak, I. M., Lowdermilk, D. L., & Jensen, M. D. (2004). Buku ajar keperawatan maternitas. Jakarta: EGC

Bobak, L. M., Lowdermilk, D. L., Jensen, M. D., & Perry, S. E. (2005). Maternity nursing. Fourth edition, Mosby. Year book. Inc

Chen, H. M. & Chen. (2004). Effects acupressure at the sanynjiao point on primary dysmenorrhea Journal of Advanced Nursing, 48 (4),380-387. Diperoleh, 15 Maret 2014 dari http://www.sld.cu./galerias/pdf/sitios/mednat/effects_of_acuprressure_at_the_sanyinjiao_point_dismenorrohoea.pdf.

Fengge, A. (2012). Terapi akupresur manfaat dan pengobatan. Yogyakarta: Crop Circle Corp.

Hanifa, W. (2005). Ilmu kebidanan. (Ed. 3). Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo.

Hasanah, O. (2010). Efektivitas terapi akupresure terhadap dismenore pada remaja di SMPN 5 dan SMPN 13 pekanbaru. Tesis. Tidak dipublikasikan.

Hegner, B. (2003). Nursing assistant: suatu pendekatan proses keperawatan. Jakarta: EGC

Hendrik. (2006). Problema haid tinjauan syariat islam dan medis. Solo: Tiga Serangkai.

Hillard, P. A. J. (2006). Dysmenorrhea: Pediatrics in review. 27: 64-71. Holder.

Julianti, F. E. (2012). Efektifitas terapi akupresur terhadap dismenore pada remaja di SMPN dan MTS Bengkalis. Skripsi. Tidak dipublikasikan.

Lie, S. (2004). Terapi vegetarian untuk penyakit kewanitaan: Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Shanghai University

Sumanto,2015. penurunan nyeri dismenorhoea menggunakan titik akupuntur guanyuan (ren 4), guilai (st 29) dan sanyinjiao (sp 6) pada mahasiswi poltekkes Surakarta. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan, Volume 4, Nomor 1, Mei 2015, hlm. 64–67. Surakarta:Kemenkes Politekes SurakartaJurusan Akupunktur.

Wahyuti.2015. Relationship of Sport Habits with Primary Dysmenorrhea among Students of Senior High School 1 Arso, Keerom District, Jayapura. International Journal of Health Sciences & Research (www.ijhsr.org) Vol.5; Issue: 2; February 2015 . Papua:Universitas cendrawasih

Widyaningrum, H. (2013). Pijat refleksi & 6 terapi alternatif lainya. Jakarta: Media Pressindo

Wong , 2010. Jaripunktur (Pengobatan terdahsyat). Jakarta: Master wong.

Zhaomin, Y., et.al. 2006. Chinese Acupuncture and Moxibustion.

Published
2018-01-19
How to Cite
RENITYAS, N. N. (2018). EFEKTIFITAS TITIK ACCUPRESURE Li4 TERHADAP PENURUNAN NYERI DYSMENORRHOE PADA REMAJA PUTRI. JuKe (Jurnal Kesehatan), 1(2). Retrieved from https://jurnal.stikesganeshahusada.ac.id/index.php/juke/article/view/83
Section
Research